About the author

Related Articles

22 Comments

  1. 1

    Mubarok Hasanuddin

    Wuih… Tipsnya lengkap selengkap-lengkapnya…. (y)

    Reply
  2. 2

    Oman

    makasih tipsnya, menarik n benar2 dibutuhkan. keren!

    Reply
  3. 3

    @ang_hilmee

    kayaknya untuk mading, nanti idebeda bisa bikin teknologi yang bisa bermanfaat buat edukasi dan sekolah :D, contonya pemanfaatan mading

    Reply
  4. 4

    abeng

    kumplit mas mpe keder macae

    Reply
  5. 5

    Nur Sholekhatun Nisa

    Wah…. sudah muncul ternyata. Semoga bermanfaat untuk temen-temen :)

    Reply
  6. 7

    Yudith

    Bagaimana tentang cara pemimpin ekskul mading yang baik? Apa saja yang perlu ia lakukan dan perhatikan? Apa visi yang sesuai untuk itu? terimakasih. :)

    Reply
    1. 7.1

      Redaksi

      Terima kasih atas pertanyaannya, Yudith. Menjadi pemimpin apapun yang terpenting adalah kemampuan dan kerelaan untuk mendengar. Terlebih menjadi pemimpin mading sekolah yang merupakan bagian dari kerja-kerja media, mendengar dan merespon adalah tuntutan utama agar media yang sedang diolahnya semakin berkembang, kenapa? karena mendengar dan merespon akan membuat media itu menjadi benar-benar hadir di tengah khalayak pembaca, tidak berjalan sendiri-sendiri, dan terputus hubungan. Mendengar, bagi pemimpin mading bisa ditunjukkan dengan mendengar segala usulan, gagasan, keinginan, bahkan kritik dari pembaca, pun semua yang datang dari segenap staf dan pegiat mading lainnya. Seangkan alat untuk mendengar tentu ada banyak, di antaranya membuka rubrik surat pembaca, juga mengadakan rapat untuk menerima masukan sesering mungkin. Ingat, semua yang masuk tidak sekadar saran dan gagasan, tetapi juga kritik, tetapi tetaplah direspon dengan baik dan lembut, karena kritik; merupakan bukti kepedulian dan perhatian dari si pengritik, selain itu, kritik juga menunjukkan sebuah keberhasilan, keberhasilan mading sekolah yang sedang teman-teman olah menyita perhatian dari beberapa orang pembaca. Seperti itu kira-kira, terima kasih.

      Salam,

      Redaksi

      Reply
  7. 8

    juwita

    tipsnya OK, cuma… bukan itu yang dimaksud…

    Reply
  8. 9

    Ra2

    tipsnya oke.., tapi untuk menentukan tema kadang-kadang gak sesuai
    dan banyak yg berbeda pikiran..

    Reply
  9. Pingback: Tips Membuat Mading Sekolah Yang Keren dan Luar Biasa | nailanaila89

  10. 10

    Amelia

    makasih yah atas tips nya
    thank you banget ..

    Reply
  11. 11
  12. 12

    neyla

    tips nya keren.
    bismillah aku coba ya..

    Reply
  13. 13

    Najat 'Ulwan

    Syarat Membuat Mading Apa Ya ? , Kalo Membuat Mading Harus Ada Salam Redaksi ?

    Reply
  14. 14

    Afsokhi Abdullah

    Wahhh …. sangat bermanfaat banget Min ^_^ semoga Mading sekolah saya (SMK N 11 Jakarta) dapat bejalan terus (sedang merintis) dan dapat dinikmati oleh para pembaca …. dan pada tujuan akhirnya membangun ‘minat baca’ bagi seluruh Murid SMK N 11 Jakarta …. bahkan Pula bisa dinimkati oleh khalayak Umum (Via Online) Aamiin :D

    Reply
  15. 15

    Fiki Agung.

    Hebat ya,akan ku coba di sekolahku.. :)

    Reply
  16. 16

    adetya

    thanks atas infonya yaaa……

    Reply
  17. 17

    agustina

    kalo mading nya dibuat berdasarkan tema gimana caranya supaya tema nya tu nyambung sama isi mading trus nentuin ny gmana ?

    Reply
  18. 18

    adelia oktavianti

    Membantu bgt, soalnya gue lagi pusing ngurus mading…..

    Reply
  19. 19

    atikah

    terimakasih, tips nya sangat jelas dan sedang sangat saya butuhkan, sehubungan tengah membimbing anak2 yang sedang mengelola mading sekolah, thaks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2014 Powered By,MadingSekolah.Net